get app
inews
Aa Read Next : Kisah Prajurit Kopassus Bertemu Mahluk Gaib saat Bertugas di Papua, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Kisah Maria Gadis Papua Lulusan AS Kembali ke Tanah Air untuk Memajukan Daerahnya

Minggu, 12 Maret 2023 | 06:52 WIB
header img
Maria Jochu, Gadis Penerima Beasiswa LPDP di Amerika Serikat memutuskan kembali ke Indonesia (Dok. Istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Mendapatkan kesempatan menuntut ilmu di luar negeri ternyata tidak menutup hatinya kepada Indonesia. Adalah gadis asal Papua bernama Maria Jochu yang memutuskan kembali ke Jayapura untuk memajukan daerahnya.

Maria berkesempatan kuliah di Marshall University, Amerika serikat melalui beasiswa LPDP. Perjalanannya untuk berada di titik itu juga tidak mudah ia lalui.

Dikutip dari laman Media Keuangan Kemenkeu, Maria diketahui lahir dari keluarga yang sederhana, ayahnya merupakan pegawai negeri sipil dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Ia merupakan anak terakhir dari 8 bersaudara.

“Bapak saya kan cuma pegawai negeri, mama ibu rumah tangga, secara ekonomi tidak bisa membiayai saya,” ucap dia dikutip iNews.id, Selasa (3/1/2022).

Selepas SMA, Maria memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke IPDN (Institut Pendidikan Dalam Negeri). Keputusannya itu dilakukan semata-mata tidak ada beban sekolah yang dikeluarkan oleh orang tuanya.

“Kalau IPDN kan gratis, dibiayai negara, jadi mereka nggak pusing (biaya),” kata Maria.

Dari sana, muncul sebuah keinginan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S2. Maria saat itu baru saja lulus dan bekerja di pemerintahan, ia pun nekat mengambil kredit pegawai untuk berkuliah lagi.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut