get app
inews
Aa Read Next : Anda Sering Mengalami Migrain? Berikut 6 Makanan yang Mungkin Anda Harus Hindari

Sering Kurang Tidur, Berikut 7 Deretan Bahaya Kesehatan yang Anda akan Hadapi

Selasa, 16 April 2024 | 12:00 WIB
header img
Sering Kurang Tidur, Berikut 7 Deretan Bahaya Kesehatan yang Anda akan Hadapi (foto: ilustrasi)

5. Daya Tahan Tubuh Menurun

Saat Anda tidur, sistem kekebalan Anda menghasilkan zat pelindung yang melawan infeksi seperti antibodi dan sitokin. Ia menggunakan zat ini untuk memerangi penyerbu asing seperti bakteri dan virus

Kurang tidur mencegah sistem kekebalan Anda membangun kekuatannya. Jika Anda tidak cukup tidur, tubuh mungkin tidak dapat menangkis penyakit, serta mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari penyakit.

6. Berisiko tinggi mengalami obesitas

Banyak studi penelitian yang menyebutkan adanya pengaruh kurang tidur dengan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. Kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengontrol nafsu makan, serta menurunkan motivasi dan energi yang mengurangi motivasi remaja untuk berolahraga. Dengan demikian peluang mereka untuk menderita obesitas pun semakin tinggi.

7. Mudah Terserang Penyakit Jantung

Tidur memengaruhi proses yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, termasuk memengaruhi gula darah, tekanan darah, dan tingkat peradangan.

Ini juga memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung.

Orang yang kurang tidur lebih mungkin terkena penyakit kardiovaskular. Satu analisis mengaitkan insomnia dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://health.okezone.com/read/2023/01/12/483/2744905/deretan-bahaya-dari-kurang-tidur-waspada-kena-penyakit-jantung

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut