get app
inews
Aa
Read Next : Tau Ubi Jalar? Simak Segudang Kebaikan Yang Terkandung Untuk Kesehatan, Dari Usus Hingga Otak Anda

Viral! Nasi Minyak di Media Sosial, Sering Menyantap Bisa Sebabkan Anda Kena Penyakit Dislipidemia

Senin, 20 Maret 2023 | 03:48 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten - Sajian kuliner bernama "Nasi Minyak" viral di media sosial. Menu itu menyajikan sepiring nasi dengan sambel yang bergelimang minyak.

Namun, video Tiktok akun @tiktok_kulineran yang diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdrkuliner itu mendapat respon yang beragam. Komentar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Andi Khomein Takdir cukup menarik perhatian.

Ia mengkhawatirkan para pecinta kuliner "Nasi Minyak" itu akan dampak yang mungkin ditimbulkan pada tubuh.

"Saya khawatir dampaknya ke peningkatan kasus dislipidemia dan turunannya. Apa bisa gak usah pakai minyak?," tulis dr. Koko.

Dalam cuitan berikutnya ia juga menjelaskan apa itu Dislipidemia. Dari cuitan tersebut diketahui Dislipidemia adalah tingkat yang tidak sehat dari satu atau lebih jenis lipid (lemak) dalam darah. Darah mengandung tiga lipid utama, yakni Lipoprotein densitas tinggi (HDL), Lipoprotein densitas rendah (LDL), dan Trigliserida (TG).

Penyakit dislipidemia memang belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Namun gejala dislipidemia ini sering sekali dirasakan oleh masyarakat. Bila seseorang secara periodik mengalami keluhan seperti merasa pusing, pegal pada tengkuk, atau merasa kesemutan pada ujung tangan dan kaki, bisa jadi itulah gejala yang diakibatkan oleh dislipidemia.

Selain itu juga gejala serangan jantung seperti nyeri dada yang diikuti dengan sesak napas dan keringat dingin, salah satu penyebabnya adalah dislipidemia.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut