get app
inews
Aa Read Next : Anda Sering Mengalami Migrain? Berikut 6 Makanan yang Mungkin Anda Harus Hindari

Punya Masalah Tekanan Darah Tinggi karena Pola Hidup Tidak Sehat, Coba 4 Minuman Tradisional Ini

Kamis, 02 Mei 2024 | 15:01 WIB
header img
Punya Masalah Tekanan Darah Tinggi karena Pola Hidup Tidak Sehat, Coba 4 Minuman (doc. Istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Tekanan darah tinggi atau hipertensi, semakin merajalela seiring dengan pola hidup yang tidak sehat. Jika dulu kondisi ini lekat dengan imej penyakit orang tua, tapi kini hipertensi makin banyak dialami anak-anak muda.

Selain kontrol asupan makanan, rutin bergerak aktif dengan berolahraga dan menerapkan pola gaya hidup sehat. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bisa dengan memanfaatkan rempah-rempah tradisional berikut ini sebagai minuman. Apa saja? Merangkum Healthline, Stopclot, John Hopkins Medicine, dan Pubmed, Kamis (19/1/2023) simak ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Kunyit: Terkenal kerap diolah jadi minuman tradisional seperti jamu. Salah satu manfaat bagi penderita darah tinggi adalah mampu mengencerkan darah. Dibuktikan dalam penelitian dari Journal of Biochemistry and Molecular Biology pada tahun 2012, tentang aktivitas antikoagulan pada kunyit yang dipakai untuk bumbu kari. Kurkumin bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan menghambat faktor-faktor pembekuan darah.

 2. Teh hijau: Manfaat teh hijau untuk orang hipertensi, diungkap lewat tinjauan literatur tahun 2020, uji coba terkontrol secara acak membandingkan efek konsumsi teh hitam dan teh hijau pada tekanan darah.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut