Logo Network
Network

Bahaya Minum Air Putih Terlalu Banyak, Dapat Menyebabkan Tubuh Keracunan Air

Awan Setiawan
.
Sabtu, 03 Februari 2024 | 16:04 WIB
Bahaya Minum Air Putih Terlalu Banyak, Dapat Menyebabkan Tubuh Keracunan Air

SERANG, iNewsBanten - Air memang berperan besar dalam kehidupan, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengapa air berperan penting dalam menjaga kesehatan? Tentu saja karena tubuh Anda sebagian besar terbuat dari cairan berwarna bening ini.

Air akan membuat sel-sel Anda tetap sehat dan tubuh Anda bekerja sebagaimana mestinya. Tapi apakah Anda tahu, jika meminum air terlalu banyak maka Anda dapat keracunan?

Keracunan air, juga dikenal sebagai hiperhidrasi adalah kondisi langka yang dapat mengancam nyawa seseorang. Ini terjadi ketika seseorang minum air lebih banyak daripada yang dapat diproses oleh ginjalnya. Hal ini akan menurunkan jumlah natrium dalam darah ke tingkat yang berbahaya.

Kadar natrium yang terlalu tinggi tentu tidak sehat, tetapi level natrium yang rendah juga merupakan masalah besar. Memiliki kadar natrium yang terlalu sedikit dalam tubuh bisa menyebabkan sel membengkak. Hal ini dapat mengakibatkan masalah serius, termasuk pembengkakan otak.

Lalu, apa saja gejala keracunan air? Biasanya gejalanya adalah sakit kepala, mual, dan kelelahan, kadang juga disertai kram atau lemah otot. Jika seseorang kehilangan kesadaran atau kejang, mereka harus membutuhkan perhatian medis segera. Dalam kasus ini, keracunan air bisa berakibat fatal.

Menghindari keracunan air mungkin tampak mudah, yaitu jangan minum terlalu banyak air. Namun, dalam beberapa situasi hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Saat kita melakukan olahraga yang cukup berat, seperti lari maraton, main basket, atau main sepak bola, tentu saja tubuh kita butuh peningkatan asupan air.

Penting untuk menyeimbangkan jumlah air yang Anda minum dengan jumlah yang hilang dari tubuh Anda melalui keringat. Ini dapat membantu Anda tetap sehat saat berolahraga.

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini