get app
inews
Aa Read Next : Simak Makanan Lauk Pauk Tak Mengandung Kolesterol

Apa Benar Kurma Bisa Kadaluarsa? Yuk Simak Penjelasannya Dalam Artikel ini

Rabu, 17 April 2024 | 23:41 WIB
header img
Ilustrasi Buah Kurma (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten -  Belum banyak yang tau,apakah buah kurma bisa kadaluarsa ?Kurma sendiri merupakan salah satu makanan yang sangat populer dan paling dicari selama bulan suci Ramadhan.

Berkaitan dengan buah kurma, banyak orang yang berubah benarkan buah kurma bisa kadaluarsa? Dilansir dari TastingTable, kurma sama halnya dengan produk buah lainnya yang memiliki kadaluarsa. Namun, kadaluarsa yang dimaksud lebih kepada kualitas kurma yang menurun atau merusak.

Pada umumnya, kurma segar bisa bertahan selama enam bulan jika disimpan di lemari es dengan wadah yang tertutup. Daya tahan kurma bisa lebih lama lagi yakni bisa sampai setahun jika Anda menempatkan buah kurma di freezer.

Hal ini karena kurma yang bisa dikonsumsi telah melalui proses pengeringan yang menghilangkan kadar air. Sehingga dalam daging kurma cenderung tidak berjamur.

Meski begitu, jika kurma telalu lama meski disimpan di dalam freezer kualitasnya tentu akan menurun dan rasa manisnya akan menghilang.

Dilansir dari Eat Delights dan The Kitchn, berikut beberapa tanda kurma Anda telah kadaluarsa:

 

1.Warna yang berubah

 

Kurma yang telah kadaluarsa akan mengalami perubahan warna. Hal ini terjadi karena seiring waktu kurma akan ditumbuhi jamur yang membuattnya berubah warna menjadi lebih gelap. Rasa kurma yang manis bak permen perlahan akan menghilang.

 

Sebagai informasi tambahan, kurma biasanya memiliki kandungan gula yang muncul melapisi kulitnya dan tampak seperti jamur. Dalam kasus ini, kurma masih bisa dimakan.

2. Berbau tidak sedap

Kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Munculnya bau yang tidak sedap ini bisa terjadi karena faktor usia dan lingkungan. Jika sudah seperti ini, sebaiknya Anda membuang kurma tersebut.

3. Dihuni serangga

 

Terakhir adalah kurma yang tak layak dikonsumsi akan dikelilingi oleh serangga, seperti cacing, ulat, dan lain-lain. Hewan-hewan ini akan Anda temui dalam daging buah dan biasanya akan muncul bintik coklat seperti serbuk gergaji.

Demikian jawaban dari benarkah buah Kurma bisa kadaluarsa?

Artikel ini telah tayang dengan judul  https://lifestyle.okezone.com/read/2023/04/11/298/2796549/benarkah-buah-kurma-bisa-kadaluarsa-begini-ciri-cirinya

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut