get app
inews
Aa Read Next : Anda Sering Mengalami Migrain? Berikut 6 Makanan yang Mungkin Anda Harus Hindari

Akibat Sering Menahan Kentut, Ternyata Bisa Berujung Dioperasi Loh!

Rabu, 24 April 2024 | 00:18 WIB
header img
Ilustrasi Menahan Kentut (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten -  Kentut adalah hal yang alami yang dilakukan seseorang. Pada beberapa kasus mereka mungkin akan merasa malu atau tidak nyaman ketika kentut lebih sering, sehingga mereka berusaha bertahan sampai keadaan lebih aman untuk dikeluarkan.

Belum lama ini beredar sebuah video seseorang mengeluhkan rasa nyeri perut hebat karena tidak bisa kentut dan Buang Air Besar (BAB) selama tujuh hari. Setelah dilakukan pemeriksaan berupa rontgen pada bagian tubuhnya, pasien tersebut ternyata suka menahan BAB dan jarang sekali mengkonsumsi buah sayur.

Dokter Health Educator, Muhammad Raihan Habibi menjelaskan hal itu bisa terjadi karena pada bagian, udara tidak bisa keluar karena terhalang usus, sehingga berakibat infeksi dan akhirnya harus melakukan operasi.

“Hati-hati kalau sudah seperti ini bisa berakibat infeksi dan menghentikan operasinya. Jangan lupa untuk BAB secara teratur dan makan sehat tinggi serat,” kata Raihan Habibi, dikutip dalam akun TikTok miliknya @m.raihanhabibi.

Dilansir dari laman Healthline dan Okezone, beberapa penelitian mengatakan menahan kentut juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti nyeri, tidak nyaman, kembung, gangguan pencernaan, dan maag.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut