get app
inews
Aa Read Next : Anda Sering Mengalami Migrain? Berikut 6 Makanan yang Mungkin Anda Harus Hindari

Tak Hanya Menahan Lapar! Ternyata Puasa Bermanfaat untuk Kesehatan

Sabtu, 23 Maret 2024 | 06:50 WIB
header img
Ilustrasi menahan puasa (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang dijalani umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia saat ini, nyatanya memang tak hanya sekedar menahan lapar dan haus seharian, tapi juga mendatangkan manfaat untuk kesehatan.

Ya, bahkan rasa lapar yang muncul karena berpuasa pun bisa menjadi manfaat yang baik untuk kesehatan loh! Dijelaskan oleh Dokter sekaligus Healthy Educator, dr. Nadia Alaydrus, manfaat rasa lapar ketika berpuasa ini datang dari sel-sel dalam tubuh akan ikut merasa lapar, sehingga sel-sel yang merasa lapar tersebut akan memakan sel-sel tubuh yang rusak atau telah mati untuk didaur ulang kembali.

Gunanya didaur ulang kembali, ialah agar tidak menjadi sampah dalam tubuh. Biasanya kondisi ini disebut dengan autofagi.

“Nah konsep ini tuh dinamakan yang namanya autofagi yang artinya tuh memakan dirinya sendiri. Jadi ini tuh adalah proses metabolisme, di mana sel-sel itu membongkar dan menghilangkan komponen yang fungsional,” jelas dr. Nadia, dikutip dari akun TikTok pribadinya @nadialaydrus, Kamis (21/3/2024)

“Jadi ini tuh kayak semacam daur ulang sampah,” sambungnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut