get app
inews
Aa Read Next : Naas! Warga Lebak Kehilangan Uang Rp 32 Juta, Saat Melintas di Kebun Karet

Bank Indonesia dengan Polisi Bersinergi Ungkap Uang Palsu Rp 22 Miliar!

Jum'at, 21 Juni 2024 | 18:41 WIB
header img
Uang Palsu 22 Miliar (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Polisi menyebut uang palsu senilai Rp22 miliar akan digunakan sebagai pengganti uang asli yang akan dimusnahkan, atau didisposal oleh Bank Indonesia (BI). Uang palsu tersebut diganti dengan uang palsu yang rusak.

"Uang palsu yang diproduksi oleh para tersangka nantinya akan dijadikan bahan untuk menukar, bahan untuk menukar uang yang akan didisposal oleh Bank Indonesia," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Wira Satya Triputra di Polda Metro Jaya, Jumat (2/6/2024).

Wira mengatakan, fakta tersebut terungkap setelah mendapatkan keterangan tersangka M. Dia mengaku menerima pesanan dari seseorang berinisial P yang kini sedang diburu. DPO berinisial P disebut akan menggunakan uang palsu yang dibuat para tersangka untuk ditukar dengan uang asli yang dalam kondisi rusak tersebut.

Kemudian nantinya dalam proses pemusnahan yang dihancurkan adalah uang palsu buatan para tersangka. Bank Indonesia diketahui memusnahkan uang yang berkondisi rusak, lusuh, atau cacat. Caranya, menariknya dari peredaran kemudian dipotong menjadi bagian kecil.

"Artinya bahwa uang palsu ini nantinya akan dijadikan alat untuk menukar terhadap uang asli yang akan didisposal oleh Bank Indonesia," kata Wira.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut