get app
inews
Aa Read Next : Ingin Ginjal Anda Sehat, Berikut 6 Makanan Yang Baik Untuk Ginjal Anda

Ini 5 Makanan Penambah Darah untuk Penderita Darah

Rabu, 24 April 2024 | 14:06 WIB
header img
makanan penambah darah (foto :healthline)

1. Buah sedikit

Makanan penambah darah pertama ada buah bit. Buah ini kaya akan nitrat yang baik untuk Anda karena tubuh akan berubah menjadi oksida nitrat, yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jaringan dan organ di seluruh tubuh. Selain itu, buah bit juga mengandung zat besi yang tinggi sekaligus asam folat bersama dengan kalium dan serat. Minum sedikit saja setiap hari dipastikan dapat menambah jumlah darah Anda.

2. Ikan asin

Makanan penambah darah selanjutnya adalah ikan asin, seperti salmon dan mackerel. Kedua ikan tersebut adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Lemak ini sangat bermanfaat untuk sirkulasi darah karena dapat meningkatkan pelepasan oksida nitrat, yang melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, lemak omega-3 juga membantu menghambat penggumpalan trombosit dalam darah Anda.

Terlebih lagi, suplemen minyak ikan kerap dikaitkan dengan penurunan tekanan darah tinggi dan peningkatan aliran darah di otot rangka selama dan setelah berolahraga. Sebuah penelitian pada 10 pria sehat menemukan, mengonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi, yakni 4,2 gram setiap hari selama empat minggu, secara signifikan meningkatkan aliran darah ke kaki setelah berolahraga.

3. Daging merah dan unggas

Makanan penambah darah berikutnya adalah daging merah dan unggas. Di dalam 100 gram daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing, terdapat sekitar 2,7 mg zat besi. Nah, makan makanan kaya zat besi ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Zat besi diketahui dapat membantu produksi hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah. Dengan mengonsumsi daging merah, Anda sudah bisa memenuhi setidaknya 15 persen asupan zat besi harian. Sementara itu, mengonsumsi 100 gram daging unggas, seperti ayam dan bebek, dapat memenuhi sekitar 13 persen asupan zat besi harian Anda.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut