get app
inews
Aa Read Next : Ternyata ini Manfaat dari Buah Sawo! Kaya Antioksidan dan Bagus untuk Pencernaan Anda

Ada 5 Cara Agar Cepat Tidur Menurut Islam, Ini yang Diajarkan Rasulullah

Minggu, 28 April 2024 | 19:06 WIB
header img
Ada 5 Cara Agar Cepat Tidur Menurut Islam, Ini yang Diajarkan Rasulullah(Foto: Freepik/Senivpetro)

SERANG , iNewsBanten - Berikut adalah cara cepat tidur menurut Islam. Dalam agama Islam, memang ada sejumlah kekhawatiran yang terkait dengan masalah kesehatan, tak terkecuali tentang gangguan sulit tidur atau insomnia.

Islam memiliki beberapa cara tersendiri agar seseorang cepat tidur dan tidak mengalami insomnia. Tips agar cepat tidur menurut Islam merupakan metode efektif untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas.

Agar bisa cepat tidur dan nyenyak, Islam memiliki anjuran yang sederhana. Antara lain adalah terkait doa atau amalan yang dibaca, hingga posisi tidur yang tepat.

1 . Membaca Doa dari Nabi

Doa agar bisa cepat tidur, ada doa dari Rasulullah yang diriwayatkan dalam hadits riwayat Zaid bin Tsabit. Terdapat sebuah kisah bahwa pada suatu malam Zaid bin Tsabit suatu mengadu kepada Rasulullah SAW karena semalaman tidak bisa tidur.

Setelah itu, Nabi Muhammad mengajarkannya doa untuk mengatasi masalah sulit tidur yang disebabkan oleh kegelisahan tersebut, yakni:

اللَّهُمَّ غَارَaruِ النُّجُومُ وَهَ mengambilأ mengakuiِ الْعُ dindingُ ونُ ونْ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ونُ ون و ونُ ونُ ونُ ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ون ن ن tian ن أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Latin: “Allahumma gharatin nujum wa hada atil 'uyun, wa anta hayyun qayyumun, la ta'khudzuhu sinatun wa la naum yaa hayyu, ya qayyum, ahdi' laili wa anim 'ayni.”

Artinya: “Tuhanku, bintang-bintang telah 'tenggelam', dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Dzat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan pertunjukan bola mata hamba.” (HR. At Tabhrani )

2 . Berwudhu Sebelum Tidur

Sebelum tidur, Nabi Muhammad memiliki kebiasaan berwudhu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk senantiasa menjaga kesucian dan memberikan rasa tenang serta terhindar dari mimpi buruk.

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Al-Bukhari)

3 . Membaca Surat Pendek

Cara lain untuk mengatasi susah tidur yang diajarkan dalam Islam adalah dengan membaca surat-surat pendek. Beberapa surat pendek yang bisa dibaca sebelum tidur antara lain adalah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

4 . Tidur Setelah Sholat Isya

Salah satu penyebab gangguan tidur seorang mukmin salah satunya bisa dari rasa gelisah karena belum menunaikan sholat isya.

Hal itu bisa jadi penanda dari Allah kepada hambanya untuk segera menunaikan kewajiban shalat dan menjadikan jiwa tenang.

pula penyediaan untuk tidak tidur terlalu malam. Selain karena kesehatan, hal ini juga penting agar bisa terbangun di interval malam terakhir dan mendirikan malam sholat serta sholat subuh.

5 . Posisi Tidur Hadap Kanan

Dalam Islam, posisi yang dianjurkan untuk tidur adalah menghadap ke kanan atau menghadap kiblat. Islam juga tidak menganjurkan untuk tidur dengan posisi tengkurap atau telungkup. Selain karena tidak syar'i, posisi ini bisa membuat napas seseorang tidak lancar dan bisa mengganggu kesehatan jantung.

Itulah 5 cara agar cepat tidur menurut Islam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, bisa juga melakukan sholat witir, membersihkan tempat tidur terlebih dahulu, dan tidak tidur terlalu larut.

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut